Keuntungan Saham Per Bulan

Keuntungan Saham Per Bulan, Apakah Bisa Diprediksi?

Posted on

Keuntungan.net – Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh seorang investor saham pemula adalah berapa keuntungan saham per bulan yang akan didapatkan?

Pertanyaan tersebut tentu saja wajar karena orientasi investasi adalah keuntungan. Meskipun, perlu diketahui bahwa investasi saham sebenarnya bukan hanya tentang keuntungan, tetapi juga strategi.

Strategi adalah hal yang sangat penting dalam investasi saham. Hal ini dikarenakan saham termasuk instrumen investasi yang high risk and high return. Tentu, dengan strategi yang tepat, maka keuntungan yang didapatkan pun nantinya akan semakin banyak.

Jenis Keuntungan Saham

Sebelum membahas tentang perkiraan keuntungan saham per bulan yang akan didapatkan, Anda perlu tahu jenis keuntungan investasi saham. Ada dua jenis keuntungan atau return yang bisa didapatkan, yaitu:

1. Capital gain

Capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari selisih antara harga beli dan harga jual saham.

Selisih ini bisa terjadi karena adanya fluktuasi antara supply dan demand saham tertentu di aktivitas perdagangan.

2. Dividen

Dividen adalah keuntungan saham yang didapatkan dari pembagian laba oleh perusahaan. Nominal keuntungan yang didapatkan ini nantinya akan disesuaikan dengan kuantitas atau jumlah saham yang dimiliki seorang investor di perusahaan tersebut.

Nantinya, dengan mempertimbangkan kedua jenis keuntungan tadi, Anda bisa memilih jenis investasi saham seperti apa yang hendak Anda pilih.

Bisakah Keuntungan Saham Per Bulan Diprediksi?

Keuntungan Saham

Seperti yang disinggung sebelumnya, saham adalah ide investasi yang high return dan high risk. Oleh karenanya, memprediksi keuntungan saham yang didapatkan per bulan cukup susah.

Namun, Anda sebagai investor bisa saja melakukan simulasi keuntungan yang bisa didapatkan. Hanya saja, Anda harus memahami bahwa pergerakan harga saham cenderung cepat dan bisa jadi tidak terduga sebelumnya.

Lalu, bagaimana dengan dividen yang didapatkan?

Bisa jadi dividen akan lebih mudah diprediksi seiring dengan persentase kepemilikan saham yang dimiliki. Namun, tetap saja, keuntungan yang didapatkan perusahaan per bulan bisa saja berbeda sehingga jumlah dividen yang didapatkan pun nantinya juga akan berbeda.

Simulasi Menghitung Keuntungan Capital Gain

Untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan saham melalui capital gain, berikut ada simulasi perhitungan keuntungan yang bisa dipelajari.

Misalnya, Anda merupakan investor saham yang membeli saham A sebanyak 10 lot dengan harga Rp 4.000 per lembar pada tahun 2020. Dalam hal ini 1 lot saham = 100 lembar saham.

Pada tahun 2022, harga saham A meningkat menjadi Rp 5.000 per lembar. Maka simulasi perhitungan keuntungan capital gain untuk saham A adalah:

  • Rumus = (harga jual – harga beli) x jumlah saham yang dimiliki
  • (Rp 4.500 – Rp 3.500) x (10 x 100) = Rp 1.000 x 1.000 = Rp 1.000.000

Dari perhitungan tersebut, maka uang yang Anda dapatkan dari penjualan saham tadi adalah Rp 1.000.000. Dikurangi modal awal sebanyak Rp 4.000.000 (dari harga saham Rp 4.000 dikali 10 lot). maka keuntungan capital gain yang didapatkan adalah Rp 6.000.000.

Sebenarnya, keuntungan capital gain bisa saja didapatkan per bulan. Hanya saja, keuntungan saham per bulan dari capital gain ini cenderung gambling. Yang mana Anda harus memiliki saham dengan nilai fluktuasi yang tinggi.

Baca juga: Cara Menghitung Persentase Keuntungan dan Contoh Perhitungannya

Simulasi Menghitung Keuntungan Dividen

Sebuah perusahaan B memiliki total 6.000.000 lembar saham dan berhasil mendapatkan keuntungan Rp 1.500.000.000 di bulan tertentu. Kebijakan Rasio Pembayaran Dividen atau DPR perusahaan adalah 30% dari laba bersih perusahaan dan akan diberikan sebagai dividen.

Dalam kondisi tersebut, maka simulasi perhitungan keuntungan dividen yang akan didapatkan investor dari lembar saham yang mereka miliki adalah sebagai berikut:

  • Dividen = laba bersih x DPR, sehingga perhitungannya Rp 1.500.000.000 x 30% = Rp 450.000.000
  • Dividen per lembar saham = dividen/lembar saham beredar, sehingga perhitungannya Rp 450.000.000/6.000.000 = Rp 75 per lembar saham

Apabila Anda memiliki saham sebanyak 10 lot atau 1,000 lembar, maka keuntungan yang didapatkan dari dividen per bulan adalah Rp 75 x 1.000 = Rp 75.000.

Memang, secara umum, keuntungan saham per bulan tidak bisa dipastikan. Akan tetapi, dengan rumus tersebut, keuntungan yang didapatkan bisa di simulasikan.

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.