Keuntungan Menabung Emas Di Pegadaian

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian dan Biaya Transaksinya

Posted on

Keuntungan.net – Sebagaimana diketahui bahwa emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat populer hingga saat ini. Pasalnya, emas memiliki harga yang stabil dan cenderung naik dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa keuntungan menabung emas di Pegadaian bisa dikatakan cukup besar dan stabil.

Melihat animo masyarakat yang tinggi terkait investasi emas, Pegadaian menawarkan layanan menabung emas dengan mudah yang bisa dipertimbangkan. Tentu, dengan layanan tersebut, masyarakat nantinya bisa berinvestasi secara aman dan menguntungkan.

Lantas, apa saja yang keuntungan ketika menabung emas di Pegadaian dan bagaimana dengan biaya transaksi yang diperlukan? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Menabung Emas di Pegadaian

Menabung Emas Di Pegadaian
gambar dari pegadaian.co.id

Anda yang baru pertama kali mendengar tentang ide investasi menabung emas di Pegadaian mungkin bertanya bagaimana konsep investasi ini berjalan?

Maksud dari menabung emas di Pegadaian adalah Anda menabung emas secara virtual. Nantinya, bobot emas yang Anda miliki akan senantiasa bertambah ketika Anda menyetorkan uang untuk menabung.

Secara singkat, uang yang disetorkan sebagai tabungan di Pegadaian akan dikonversi menjadi emas dengan perhitungan harga emas waktu itu.

Nantinya, emas virtual yang dimiliki tersebut bisa dicetak menjadi emas batangan. Tentu, ada ketentuan berat minimal untuk pencetakan emas tersebut.

Baca juga: 9 Keuntungan Internet Banking Bagi Nasabah

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Emas Perhiasan

Bisa dikatakan jika menabung emas di Pegadaian hanya satu dari sekian ide investasi emas yang bisa diterapkan.

Namun, ada beberapa keuntungan menabung emas di Pegadaian yang menarik dan bisa dijadikan alasan kenapa Anda memilih menabung emas di sini.

Keuntungan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jaminan keamanan

Pegadaian merupakan badan usaha milik negara. Oleh karenanya, badan usaha ini memiliki back up yang sangat kuat sehingga kemungkinan kolaps sangat kecil. Hal inilah yang membuat Pegadaian tetap survive hingga saat ini.

Selain itu, Pegadaian memiliki sistem keamanan tabungan yang modern dan bisa diandalkan. Dengan demikian, risiko tabungan yang bermasalah tentu tidak akan terjadi.

Inilah keuntungan menabung emas di Pegadaian. Dengan jaminan keamanan yang ditawarkan, jadi tidak perlu ragu lagi untuk mencoba.

2. Nominal tabungan yang kecil

Jika Anda merasa belum memiliki cukup uang untuk membeli emas batangan, maka bisa jadi menabung emas di Pegadaian adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, layanan tabungan emas ini bisa dimanfaatkan dengan nominal tabungan yang kecil.

Di Pegadaian, Anda bisa menabung emas dengan berat mulai 0,01 gram atau sekitar Rp 10.000 hingga 100 gram emas per hari.

Dengan konsep menabung tersebut, tentu nasabah nantinya akan merasa di ringankan. Terlebih dengan kemungkinan harga emas yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Jika tabungan emas yang dimiliki sudah mencapai minimal 1 gram, maka Anda bisa mencetaknya. Keuntungannya sangat menarik, bukan?

3. Syarat yang mudah

Keuntungan menabung emas di Pegadaian lainnya adalah persyaratan yang mudah. Untuk membuka rekening tabungan emas di Pegadaian, Anda hanya perlu menyiapkan identitas diri berupa KTP, SIM atau paspor yang masih berlaku.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas dan membayar biaya administrasi Rp 10.000 saja. Juga, ada biaya penitipan emas Rp 30.000 per tahun di mana penitipan di tahun pertama gratis.

Beberapa hal di atas adalah ragam keuntungan yang akan diperoleh ketika Anda memanfaatkan fasilitas tabungan emas di Pegadaian.

Selain itu, Anda yang menjadi nasabah nantinya akan mendapatkan kemudahan top up seiring dengan hadirnya aplikasi Pegadaian Digital Service.

Biaya Transaksi Tabungan Emas yang Diperlukan

Setelah mengetahui keuntungan nabung emas di Pegadaian, ada beberapa biaya transaksi yang perlu Anda ketahui sebelumnya demi kenyamanan menabung. Adapun biaya transaksi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Biaya transfer emas ke rekening lain             : Rp 2.000 per transaksi
  • Biaya pencetakan rekening koran                  : Rp 2.000 per lembar
  • Biaya penggantian buku tabungan emas       : Rp 10.000 per bulu
  • Biaya penitipan emas per tahun                     : Rp 30.000 per rekening dibayar di muka
  • Biaya penutupan rekening                             : Rp 30.000 per rekening

Selain biaya transaksi di atas, nasabah juga diharuskan membayar biaya pencetakan fisik emas dengan harga layanan disesuaikan berat emas.

Demikian beberapa ulasan tentang keuntungan menabung emas di Pegadaian dan biaya transaksi yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.