keuntungan investasi properti

Ini 5 Keuntungan Investasi Properti

Posted on

Keuntungan.net – Apakah Anda sudah memilih untuk berinvestasi pada bidang apa? Bagaimana jika Anda memilih properti sebagai investasi untuk masa depan? Keuntungan investasi properti cukup baik dan menjanjikan. 

Saat ini, banyak masyarakat yang mulai peduli dengan investasi. Investasi sangat penting untuk membuat masa depan menjadi lebih tenang terutama terkait dengan masalah keuangan. 

Produk investasi sangat beragam mulai dari aset keuangan (saham, deposito, reksadana) dan aset riil (emas, kendaraan, rumah). Dari semua jenis investasi, salah satu investasi yang memiliki banyak penggemar ialah investasi properti. 

Keuntungan Investasi Properti

Investasi properti

Hal ini karena banyak keunggulan yang akan didapatkan dari melakukan investasi di bidang properti. Apa keuntungan investasi properti? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

  1. Harga Properti yang Meningkat 

Alasan mengapa orang orang memilih untuk berinvestasi pada bidang properti ialah karena harga yang meningkat. Bukan menjadi rahasia lagi jika setiap waktu harga tanah dan properti meningkat. 

Mengapa harga properti terus meningkat? Hal ini karena permintaan pasar yang terus meningkat namun ketersediaan tanah dan bangunan semakin berkurang. 

Apalagi jika harga properti tersebut berada pada daerah yang strategis, tentu setiap tahun harga bangunan akan semakin meningkat. Harga yang stabil dan cenderung meningkat membuat banyak orang tertarik melakukan investasi properti. 

  1. Bisa Menjadi Jaminan 

Keuntungan lainnya dari memiliki sebuah properti adalah Anda akan lebih mudah mendapat pinjaman dari bank. Ketika memberikan pinjaman, bank akan melihat berbagai hal salah satunya ialah jaminan. 

Apabila memiliki jaminan yang kuat, maka Anda akan mendapatkan pinjaman yang cukup besar. Properti termasuk salah satu jaminan yang memiliki prioritas tinggi. 

Hal ini akan sangat membantu Anda ketika membutuhkan modal yang besar untuk membangun usaha. 

Baca juga: Cara Mencari dan Meningkatkan Keuntungan Maksimum

  1. Investasi Berbentuk Fisik 

Kelebihan investasi properti selanjutnya ialah memiliki bentuk dan bisa Anda lihat. Hal ini berbeda jika Anda menginvestasikan uang ke saham, reksadana dan obligasi. 

Anda tidak bisa melihat bentuk dari investasi tersebut, namun berbeda jika memilih properti sebagai investasi. Objek investasi jelas dan memiliki wujud fisik. 

Bagi sebagian orang, investasi dengan objek fisik yang jelas akan memberikan ketenangan tersendiri. 

  1. Memiliki Capital Gain Yang Menjanjikan 

Ketika memilih produk investasi, tentu Anda juga memperhatikan berbagai hal termasuk apakah investasi tersebut menguntungkan. 

Lalu, bagaimana dengan investasi properti, apakah menguntungkan? 

Ternyata investasi pada bidang properti memiliki capital gain yang cukup besar. Berapa keuntungan investasi properti tergantung pada lokasi properti dan faktor lainnya. 

Misalkan, hari ini Anda membeli sebuah bangunan bernilai Rp 150.000.000. Kemudian ternyata 5 tahun kedepan terjadi kenaikan harga pasar dan properti Anda bernilai Rp 250.000.000

Keuntungan yang Anda raih dalam 5 tahun sebesar Rp 100.000.000 atau sebesar 67%. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal lainnya untuk mendapatkan keuntungan ini. 

  1. Bisa Disewa 

Cara lainnya untuk mendapat keuntungan melalui properti ialah dengan menyewakan bangunan. Hal ini bisa menjadi opsi jika memang bangunan tidak berpehuni.  

Daripada tidak ada yang menghuni dan mengurus bangunan tersebut, Anda bisa menyewakan kepada orang lain. Anda bisa mendapat pemasukan bulanan yang stabil dari penyewa. 

Selain itu, nilai properti Anda juga tetap akan naik di masa depan dan memberikan keuntungan yang menjanjikan. Sehingga Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus dari bisnis ini. 

Baca juga: Beragam Manfaat dan Keuntungan Iklan Online

Arus kas Anda lancar dari uang sewa bangunan dan harga properti tetap akan naik seiring dengan meningkatnya permintaan pasar. 

Bagaimana, apakah Anda semakin yakin untuk berinvestasi pada bidang properti? Dengan berbagai keuntungan investasi properti akan memberikan Anda ketenangan untuk menghadapi masa depan.

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *