Keuntungan E-Commerce

Keuntungan E-Commerce Bagi Penjual dan Pembeli

Posted on

Keuntungan.net – Apa saja keuntungan e-commerce dalam dunia usaha maupun untuk kebutuhan personal individu? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Electronic commerce atau e-commerce adalah konsep teknologi baru untuk proses jual beli atau pertukaran produk, layanan, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.

Salah satu contoh kegiatan e-commerce yang tentu juga Anda lakukan adalah berbelanja online. Sehingga Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada juga termasuk contoh e-commerce yang sering Anda lihat sehari-hari.

Keuntungan E-Commerce Bagi Penjual

Keuntungan E-Commerce Bagi Penjual dan Pembeli

Keuntungan e-commerce banyak sekali untuk para pengusaha yang mulai mengembangkan inovasi bisnis, untuk perusahaan besar, maupun untuk individu atau UMKM. Mari simak penjelasan lengkapnya!

1. Biaya Lebih Rendah

Harga produk di e-commerce memang pasti lebih murah ketimbang di toko retail. Karena e-commerce tidak membutuhkan biaya sewa bangunan, biaya pajak bangunan, atau biaya karyawan yang jumlahnya harus banyak.

Sehingga jika Anda memiliki e-commerce, Anda bisa menghemat biaya dan mengalokasikan biaya tersebut untuk promosi gaji karyawan atau biaya promosi digital lainnya.

2. Membangun Merek dan Sarana Promosi

Saat ini masyarakat Indonesia sudah cukup melek digital. Bahkan proses jual beli pun juga beralih dari offline ke online. Sehingga Anda dapat memanfaatkan keuntungan e-commerce untuk membangun kesadaran merek produk Anda kepada masyarakat.

Caranya yakni dengan mempromosikan produk Anda melalui digital dan e-commerce.

Baca juga: Beragam Manfaat dan Keuntungan Iklan Online

3. Meningkatkan omset penjualan

Jika Anda sudah memiliki toko offline dan ingin menambah omset penjualan, maka Anda bisa mencoba dengan memiliki e-commerce untuk toko Anda karena dapat menambah jumlah pelanggan yang berbasis digital.

4. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Keuntungan e-commerce bagi penjual yang paling penting salah satunya adalah membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Anda bisa memuaskan pelanggan melalui e-commerce dengan melakukan komunikasi interaktif dengan pelanggan Anda. 

Contohnya seperti menjawab pertanyaan mereka dengan baik, memberi saran produk, memberi kejelasan informasi dengan bahasa yang santai dan fun, dan berbagai strategi lainnya.

5. Akses Ke Pasar Global

E-commerce memudahkan proses pemasaran dan distribusi para pengusaha. Terutama untuk para pengrajin dan UMKM. Anda bisa memanfaatkan akses internet dan menunjukkan produk buatan Anda melalui e-commerce.

Keuntungan E-Commerce Bagi Pembeli

1. Kemudahan Cek Harga

Saat ini sudah banyak e-commerce yang menawarkan fasilitas perbandingan harga sehingga Anda lebih memudah mencari harga yang paling sesuai kebutuhan.

Banyak juga situs penyedia harga suatu produk di berbagai marketplace.

2. Menghemat Biaya

Salah satu manfaat e-commerce tentu saja karena dapat menghemat biaya Anda. Hanya berbekal satu ponsel saja Anda sudah bisa mengakses e-commerce di mana saja dan kapan saja.

Anda bisa memastikan kualitas produk melalui deskripsi produk dan review para pembeli lainnya hanya dalam satu waktu. Sehingga Anda bisa menghemat biaya tanpa harus pergi keluar menuju toko retailnya.

Selain itu, keuntungan e-commerce adalah harga produknya realtif lebih terjangkau daripada harga di toko retailnya. Sehingga Anda bisa memilih membeli produk di e-commerce jika ingin menghemat biaya.

3. Menghemat Waktu

Keuntungan e-commerce lainnya yakni Anda dapat menghemat waktu untuk mencari berbagai produk. Karena Anda tak perlu lagi mengelilingi toko yang luas atau berganti-ganti toko hanya untuk mencari barang yang Anda inginkan.

Anda tinggal mengetik nama barang di kolom pencarian dan e-commerce akan mencarikan barang tersebut untuk Anda.

Pelajari juga: Cara Mencari dan Meningkatkan Keuntungan Maksimum

4. Mendukung Mobilitas Masyarakat

Salah satu keuntungan e-commerce bagi pembeli adalah dapat mendukung tingginya mobilitas masyarakat.

Contohnya adalah e-commerce yang menawarkan fasilitas pembeli dapat membeli barang secara online dan mengambil barangnya secara offline di toko retail.

Tak hanya itu, Anda bisa menjelajah jutaan barang hanya dalam sekali genggaman di ponsel Anda. Sehingga hal ini tentu memudahkan Anda sebagai pembeli untuk menghemat waktu tanpa harus keluar tenaga, biaya transport, dan waktu pergi ke toko retailnya.

5. Stand By 24 Jam

Tentu saja Anda bebas mencari barang yang Anda butuhkan sepanjang waktu selama 24 jam. Bahkan, Anda juga bisa membelinya saat itu juga meskipun tengah malam.

Namun proses pengiriman akan berlangsung keesokan harinya tergantung kebijakan setiap toko.

6. E-Commerce sebagai Asisten Belanja Pribadi

Keuntungan e-commerce tidak hanya sebagai pengganti toko offline. Namun juga sebagai Asisten Belanja Pribadi.

Karena e-commerce sudah ada fasilitas berupa notifikasi e-mail tentang barang apa yang Anda beserta kelengkapan lain seperti harga, tanggal beli, alamat pengiriman, dan lain-lain.

Bahkan, informasi diskon, promo bulanan, hingga barang yang pernah Anda lihat pun sudah ada notifikasinya sendiri. Hal ini tentu memudahkan Anda sebagai pembeli karena memudahkan kegiatan berbelanja Anda.

Itu tadi beberapa keuntungan e-commerce yang dapat Anda peroleh sebagai seorang pembeli atau seorang pengusaha.

Ketika zaman sudah berbasis digital, maka kegiatan usaha Anda pun bisa mengikuti untuk go-digital. Anda bisa memanfaatkan e-commerce untuk promosi dan penjualan produk Anda.

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *