Meningkatkan Keuntungan Maksimum

Cara Mencari dan Meningkatkan Keuntungan Maksimum

Posted on

Keuntungan.net – Semua pengusaha tentu ingin memperoleh keuntungan yang maksimum. Meskipun penentuan keuntungan atau laba bisa dibuat setinggi-tingginya, tapi tetap tidak boleh sembarangan. Terdapat cara mencari keuntungan maksimum dalam menjalankan usaha, 

Nah, untuk itulah, artikel ini akan mengajak Anda untuk bereksperimen dan melihat gambaran tentang bagaimana cara mendapatkan keuntungan maksimum dan penentuan keuntungan minimum dalam menjalankan usaha agar kerugian dapat terminimalisir.

Simak sampai selesai, ya!

Cara Mencari Keuntungan Maksimum

Persaingan yang sangat ketat memang bukan lagi jadi sebuah kejutan di dalam dunia usaha saat ini. Antara satu usaha dengan usaha lain, persaingan terutama dari segi harga memang tidak bisa terhindari. 

Oleh sebab itu, setiap pengusaha harus benar-benar mampu menganalisis pasar dalam menyelami medan perang di dunia usaha.

Tentu tujuannya tak lain adalah untuk menetapkan strategi dagang yang tepat agar tidak kalah dengan usaha lain. Sebab, tujuan semua usaha sama, yaitu laba.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara meraih keuntungan setinggi-tingginya, apakah Anda tahu apa itu laba?

Laba (L) merupakan hasil dari penerimaan total sebuah penjualan (TR) dikurangi dengan biaya total (TC). Jadi, rumus untuk menghitung laba yaitu:

L = TR – TB

Semakin besar total sebuah penjualan dan semakin kecil total biaya, maka laba yang akan Anda peroleh akan semakin besar.

Baca juga: Perhitungan Keuntungan Agen JNE yang Sangat Menggiurkan

Cara Meningkatkan Laba atau Keuntungan Maksimal

Terdapat berbagai strategi umum yang dapat Anda terapkan sebagai langkah mencari nilai maksimum penjualan dan juga profit atau keuntungan dari usaha tersebut.

Strategi atau cara menentukan keuntungan maksimum antara lain: 

  1. Tingkatkan jangkauan 

Di era yang semakin canggih seperti sekarang ini, memperluas pasar bukanlah suatu hal yang sulit. Terutama jika Anda dapat dengan benar memanfaatkan kecanggihan teknologi internet.

Misalnya adalah dengan membuka toko dan memasang iklan online lewat Facebook, Instagram, dan medsos lainnya.

Jika Anda bukanlah orang yang mahir dalam hal internet marketing, Anda dapat bekerja sama dengan mereka-mereka yang paham dengan internet marketing.

Anda juga bisa memulainya dengan mempercayakan jasa pembuatan website secara online yang banyak tersebar di internet.

  1. Perhatikan kenyamanan

Ada kasus di mana pelanggan tidak jadi beli sebuah produk bukan karena produk tersebut memiliki kualitas yang jelek, tapi karena kecewa dengan pelayanan dan kenyamanan toko atau perusahaan.

Jika pelanggan sering merasa kecewa, besar kemungkinan hal tersebut akan berdampak pada profit penjualan. 

Untuk itu, sudah saatnya bagi Anda untuk meningkatkan pelayanan agar calon konsumen merasa nyaman. Dalam hal ini, dapat tersimpulkan jika produk bukanlah yang utama, melainkan hubungan antara penjual dan calon pembelilah yang jadi salah satu faktor penting penjualan. 

  1. Keterlibatan calon pembeli dan pelanggan

Motivasi bisnis dapat datang dari manapun. Akan tetapi, salah satu motivasi besar yang mampu membangun usaha jadi lebih baik adalah konsumen.

Salah satunya adalah interaksi, menerima masukan, kritikan, dan saran dari pelanggan maupun konsumen. 

  1. Lebih dekat dengan pelanggan

Jika Anda amati dengan baik, pelanggan cenderung lebih senang saat keberadaannya dihargai secara personal.

Merubah hubungan antara penjual dan pembeli jauh lebih berpengaruh baik terhadap penjualan daripada terlalu fokus mendapatkan laba tanpa memikirkan bagaimana sikap dan keinginan konsumen. 

Terkadang, kedekatan antara produsen dan konsumenlah yang membuat pelanggan selalu bermunculan. Sebut saja Starbuck.

Meskipun harganya termasuk kelas ekonomi menengah di Indonesia, tetapi karena chemistry antara owner dan pembeli yang begitu baik membuat orang orang tidak sungkan berlangganan.

Baca juga: Beragam Manfaat dan Keuntungan Iklan Online

Penutup

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laba adalah salah satu hal yang paling dicari oleh perusahaan. Terdapat berbagai cara mencari nilai maksimum yang bisa Anda lakukan.

Mulai dari meningkatkan relasi, kenyamanan, sampai membuat penawaran menarik. Itulah tadi beberapa cara mencari keuntungan maksimum dalam sebuah usaha.

Caranya ternyata bukan dengan mematok harga penjualan melambung tinggi, tapi lebih kepada mencari relasi dan pelanggan yang akan merasa puas. Dengan begitu, penjualan berpotensi meningkat, begitu pula laba yang akan Anda peroleh.

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.