Keuntungan Media Promosi Penjualan Personal

Apa Keuntungan Media Promosi Penjualan Personal?

Posted on

Keuntungan.net – Penjualan secara personal face to face memang menjadi salah satu metode promosi yang bisa Anda pilih untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa keuntungan media promosi penjualan personal sehingga Anda harus melakukannya.

Setiap cara atau media promosi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas keuntungan promosi penjualan personal atau bahasa kerennya personal selling. Simak sampai selesai, ya!

Apa Keuntungan Personal Selling?

Penjualan secara langsung menggunakan personal selling atau penjualan personal memiliki berbagai kelebihan daripada metode lainnya seperti iklan konvensional. Apa saja, berikut ini kelebihannya:

  1. Komunikasi Dua Arah

Pertama, penjualan pribadi atau personal selling merupakan bentuk komunikasi dua arah. Artinya, ada pertemuan langsung antara penjual dan calon pembeli.

Dengan komunikasi dua arah, penjual bisa memahami bagaimana tanggapan publik secara langsung. Ini adalah kelebihan sales marketing.

Dengan personal selling, calon pembeli akan memberikan tanggapan secara langsung tentang produk atau jasa yang penjual tawarkan.

Jika proses penjualan dan penawaran kurang sesuai dengan rencana, penjual juga dapat menyesuaikan pendekatan dan presentasi penjualan. 

Baca juga: Beragam Manfaat dan Keuntungan Iklan Online

  1. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Keuntungan media promosi penjualan personal selanjutnya yaitu penjualan personal atau personal selling menuntut penjualan untuk lebih interaktif dengan calon pembeli.

Dengan demikian, proses penjualan secara personal membantu Anda untuk membangun kepercayaan calon pembeli. Tentu saja ini tergantung dengan bagaimana cara komunikasi Anda. 

Saat Anda menyampaikan produk Anda dan Anda dapat membuktikannya dengan baik, penting bagi Anda untuk tidak hanya membuat calon pembeli percaya pada produk, tetapi juga percaya dengan Anda. Manfaat ini sangat mungkin dalam penjualan personal atau personal selling

  1. Membentuk Citra

Selain kepercayaan pelanggan, penjualan personal membantu perusahaan dalam memperbaiki atau membentuk citra yang sebelumnya tidak terlalu baik. Sama dengan poin sebelumnya, yang perlu di sini adalah keahlian presentasi penjualan. 

Dengan komunikasi yang baik, kesalahpahaman dan citra buruk akan terminimalisir. Penjabaran rinci tentang perusahaan dan produknya bisa menekan semua keraguan dan kesalahpahaman. Tentu saja penjualan personal membantu menaikkan citra. 

  1. Jangkauan Lebih Luas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penjualan secara personal atau personal selling memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh metode promosi lainnya yang lebih konvensional. Salah satunya adalah dalam hal jangkauan publik.

Sebut saja dengan iklan konvensional dengan poster poster di pinggir jalan. Tidak semua calon pembeli dapat menjangkaunya. Apalagi dalam metode tersebut produk atau jasa tidak terjelaskan secara rinci.

Oleh sebab itulah metode penjualan yang satu ini dapat menjangkau lebih luas. 

  1. Presentasi Lengkap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, iklan atau promosi yang dilakukan secara personal memberikan kesempatan penjual untuk menjelaskan lebih detail.

Seperti yang Anda ketahui, selain dengan iklan video, baik di televisi maupun internet, demonstrasi dan presentasi produk tidak dapat dilakukan.

Bayangkan saja dengan poster atau billboard, rasa-rasanya tidak mungkin memasukkan semua informasi detail di dalamnya. Untuk itulah metode promosi penjualan promosi personal memiliki keunggulan dalam hal presentasi. 

Penutup

Maksud personal selling atau penjualan secara personal adalah memberikan informasi, menyediakan produk berkualitas dan berguna, membantu kegiatan pemasaran, dan masih banyak lagi. Metode pemasaran yang satu ini juga memiliki berbagai keunggulan yang tidak ada dari metode promosi lainnya.

Itulah tadi jawaban dari pertanyaan apa keuntungan media promosi penjualan personal yang banyak dipertanyakan oleh calon pengusaha. Mudah-mudahan artikel ini menjawab rasa penasaran Anda. Tetap semangat dan pantang menyerah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.