Keuntungan Perdagangan Internasional

5 Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Negara

Posted on

Keuntungan.net – Ada banyak sekali keuntungan perdagangan internasional bagi suatu negara, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan penduduk.

Pasalnya, setiap negara akan terus berusaha memenuhi kebutuhan penduduknya dengan menempuh berbagai cara. Seperti melakukan transaksi bisnis dengan negara lain hingga hutang luar negeri.

Perdagangan internasional adalah sebuah transaksi yang membuat kamu dapat menggunakan fashion item import dari berbagai negara. Selain itu, gadget yang setiap harinya kamu gunakan juga merupakan salah satu hasil dari perdagangan internasional. 

Lantas apa sih sebenarnya perdagangan luar negeri itu dan apa keuntungan atau dampak positifnya bagi negara maupun masyarakat?

Apa Itu Perdagangan Internasional?

Perdagangan Luar Negeri

Dilihat dari istilahnya saja, kamu sudah bisa mendapatkan gambaran bahwa perdagangan internasional adalah transaksi jual beli, saling bertukar jasa maupun produk antara dua  negara atau lebih guna memenuhi kebutuhan bersama.

Perdagangan tersebut dilakukan atas dasar sukarela dan kesepakatan bersama melalui kegiatan impor dan ekspor.

Kegiatan ekonomi tersebut terjalin karena adanya keterbatasan teknologi, sumber daya alam dan sumber daya manusia dari masing-masing negara untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.

Seperti contoh mudahnya saja, Indonesia belum bisa memenuhi kebutuhan teknologi penduduknya di sektor smartphone, sehingga Indonesia mengimpor dari negara lain, khususnya China.

Sementara itu, sumber daya manusia di China tidak begitu memadai perihal kreativitas dan sumber daya alam. Sehingga desain diadopsi dari Amerika Serikat dan bahan baku logam berasal dari Afrika. 

Contoh lain juga bisa kamu ambil dari fashion item seperti sepatu, tas dan juga baju yang banyak didatangkan dari negara lain. Misalnya sepatu dari Amerika, tas dari China atau baju dari Bangkok. Hal tersebut dilatarbelakangi karena harga dan kualitas yang sesuai.

Baca juga: Keuntungan E-Commerce Bagi Penjual dan Pembeli

Keuntungan Perdagangan Internasional

Perdagangan produk dan juga layanan di seluruh dunia memberikan dasar atau landasan pada pertumbuhan perekonomian internasional.

Mengapa demikian? Karena keuntungan perdagangan internasional yang begitu kompleks, seperti:

1. Meningkatkan Devisa Negara

Meningkatnya devisa negara menjadi awal yang bagus untuk pertumbuhan-pertumbuhan lainnya karena adanya perdagangan internasional. Yang mana hal tersebut dapat terjadi karena adanya kegiatan ekspor dan impor dari dalam maupun luar negeri.

Saat melakukan transaksi, suatu negara akan membutuhkan devisa sebagai mata uang resmi. Sehingga semakin tingginya kegiatan ekspor impor akan meningkatkan cadangan devisa negara. Sementara itu, meningkatnya devisa sebagai salah satu aset negara menandakan kekayaan negara yang juga akan bertambah.

2. Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebuah negara tidak akan bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya tanpa adanya interaksi dengan negara lain secara sah dalam perdagangan internasional.

Dengan begitu, semua kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi baik untuk segi konsumsi maupun produksi. 

3. Awal Mula Pertumbuhan Ekonomi Negara

Keuntungan perdagangan internasional berikutnya adalah menjadi dasar pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Pasalnya, ketika perdagangan internasional terus merangkak naik, perusahaan menjadi tumbuh besar, pendapatan negara juga turut meningkat, mulai dari pendapatan pajak hingga pendapatan non pajak seperti investasi, pembangunan infrastruktur dan juga lapangan pekerjaan.

4. Keuntungan Perbedaan Kurs

Perbedaan kurs mata uang juga ikut andil meningkatkan keuntungan perdagangan internasional suatu perusahaan atau negara. Negara dengan mata uang tinggi memiliki angka impor lebih besar, sementara negara dengan kurs kecil cenderung memiliki angka ekspor yang lebih besar.

Sebagai contoh, China dengan mata uang Renminbi yang relatif rendah membuatnya menjadi raksasa ekspor dunia.

Negara-negara lain yang memiliki kurs lebih kuat cenderung memilih membeli dari China untuk mendapatkan barang yang lebih banyak dengan menukarkan mata uang mereka menjadi Renminbi yang lebih lemah.

5. Meningkatkan Kompetisi Pasar

Sering merasa barang impor lebih murah namun kualitasnya lumayan? Itu adalah salah satu segi positif dari perdagangan internasional.

Saat banyak perusahaan yang berkompetisi pada niche produk tertentu, maka perusahaan harus berani memberikan peningkatan dalam segi kualitas serta nilai tambah atau perusahaan harus rela memberikan penurunan harga untuk memenangkan kompetisi pasar.

Sehingga, perdagangan internasional turut meningkatkan kualitas produk yang tersedia di pasaran sebagai tuntutan kompetisi dan juga penurunan harga barang sebagai fasilitasnya. 

Keuntungan perdagangan internasional memang sangat kompleks. Semuanya saling berkaitan dan ikut meningkatkan perekonomian suatu negara.

Sayangnya, perdagangan internasional juga turut memberikan dampak negatif untuk Indonesia, salah satunya merosotnya industri lokal. Jadi, tetap cintai produk dalam negeri ya. 

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.