Keuntungan Memilih Jurusan Akuntansi

6 Keuntungan Memilih Jurusan Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Keuntungan.net – Akuntansi merupakan salah satu program studi yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Bukan tanpa alasan, nyatanya keuntungan memilih jurusan akuntansi cukup kompleks dan bisa dijadikan alasan yang kuat kenapa memantapkan hati pada jurusan tersebut.

Mulai dari deretan ilmu serta skill yang diperoleh hingga prospek kerja untuk para alumni akuntansi cukup luas. Jika kamu tertarik dengan jurusan yang berhubungan dengan angka ini, tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dahulu apa saja poin plus yang akan diperoleh.

Deretan Keuntungan Memilih Jurusan Akuntansi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa akuntansi adalah jurusan favorit dan memiliki peminat yang cukup tinggi.

Tidak mungkin jika hal tersebut terjadi begitu saja, bukan? Melainkan karena jurusan akuntansi menawarkan berbagai kelebihan dan keuntungan, seperti:

1. Merupakan Jurusan Grade Tinggi

Umumnya, jurusan akuntansi di sebuah universitas adalah salah satu jurusan yang memiliki grade A. Sehingga untuk masuk ke jurusan ini mahasiswa harus memiliki nilai yang tinggi karena hukum alam seperti menempatkan jurusan Akuntansi hanya untuk mahasiswa yang cerdas dan berprestasi saja.

Sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada keberlangsungan karir kamu di dunia pekerjaan nanti. Yups, mahasiswa dari jurusan Akuntansi biasanya akan terkesan lebih eligible dan akan lebih diprioritaskan oleh perusahaan-perusahaan. 

2. Prospek Kerja yang Lebih Luas

Saat kamu sudah memilih untuk terjun di jurusan akuntansi, nantinya kamu tidak hanya akan menerima ilmu seputar dunia akuntan saja. Melainkan, kamu juga akan mempelajari berbagai cabang ilmu lainnya. Mulai dari perpajakan, auditing, akuntansi keuangan dan lain sebagainya.

Dengan begitu, prospek kerja yang tersedia menjadi lebih luas dan peluang kamu dalam merintis karir juga akan lebih besar. Jadi, memilih cabang ilmu sesuai dengan impian dan bakat kamu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sejak pertama masuk jurusan akuntansi .

Baca juga: Inilah 7 Keuntungan Menjadi Wirausaha

3. Memiliki Jenjang Karir yang Tinggi

Saat kamu sudah masuk ke dunia kerja sebagai seorang akuntan, kamu akan memiliki kesempatan mendapatkan jabatan yang lebih tinggi pada sebuah perusahaan. Pasalnya, dalam perusahaan biasanya ada jabatan akuntan senior, dengan begitu peluang jenjang karir yang jelas bisa kamu miliki.

Di samping itu, lulusan akuntansi juga dapat bekerja di sektor perbankan. Sementara itu, perbankan terkenal dengan peluang jenjang karir yang sangat luas. 

4. Jurusan Akuntansi Dibutuhkan Oleh Semua Perusahaan

Seperti yang ketahui, saat ini semakin banyak perusahaan-perusahaan baru yang lahir di Indonesia.

Hal tersebut merupakan tanda bahwa kebutuhan akan lulusan akuntansi juga semakin meningkat. Mengingat setiap perusahaan tentu membutuhkan tenaga keuangan, perpajakan dan lainnya.

5. Berpeluang Besar Menjadi Pengusaha

Keuntungan memilih jurusan akuntansi akan sangat kamu rasakan ketika bisa bekerja di bawah perintah diri sendiri dan di bawah pengawasan diri sendiri juga, alias menjadi pengusaha. Kamu bisa membuka jasa sebagai akuntan publik, konsultan pajak maupun jasa di bidang lainnya.

Pasalnya, salah satu jurusan terbaik ini akan mempelajari pengelolaan keuangan dengan baik dan benar, serta membentuk pribadi kreatif, cerdas dan bekerja cepat. Dapat dikatakan, semua hal tersebut merupakan modal awal untuk memulai sebuah usaha.

6. Kepribadian kamu akan Ikut Terlatih

Saat memilih jurusan akuntansi, tidak hanya soal mencari ilmu dan ijazah saja, melainkan kepribadian kamu juga akan ikut terlatih. Baik dari segi logika, cara berpikir hingga keterampilan kamu dalam mengelola keuangan. Hal ini tentu saja bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Sebagai salah satu jurusan terbaik, tentu saja keuntungan memilih jurusan akuntansi cukup kompleks. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk memilih akuntansi sebagai ilmu yang akan ditekuni. 

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.