Keuntungan Investasi Emas Dalam Setahun

Berapa Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun? Ini Simulasinya

Posted on

Keuntungan.net – Emas sudah sejak lama dipercaya masyarakat sebagai pilihan instrumen investasi terbaik. Ya, bukan hanya sekadar isapan jempol belaka, keuntungan investasi emas dalam setahun bisa dikatakan cukup tinggi, mengingat nilai emas dapat meningkat dengan cepat dan stabil.

Nah, bagi kamu yang memiliki dana lebih untuk diinvestasikan, merupakan sebuah keputusan tepat mengalihkannya dalam bentuk emas. Meski kini harga emas terbilang tinggi, tetapi hal tersebut sebanding dengan keuntungan yang akan kamu dapat di masa mendatang. 

Penasaran berapa keuntungan investasi emas dalam kurun waktu satu tahun? Berikut informasi selengkapnya. 

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun

Emas Perhiasan

Harga emas tergolong fluktuatif dan cenderung naik setiap tahunnya. Hanya saja, jika dihitung dalam setahun kebelakang, nilai logam mulia ini mengalami penurunan, meski tidak begitu signifikan. 

Berdasarkan data grafik harga emas Antam pada awal tahun memiliki harga jual per gram sekitar RP945.000 menjadi Rp 933.000 per tanggal 16 September 2022. Perkiraan data tersebut tidak bisa disimpulkan bahwa berinvestasi emas merugikan karena kita belum mengetahui harga emas pada akhir tahun.

Jika melihat perbandingan data pada tahun-tahun sebelumnya, harga emas cenderung naik, terutama pada tahun 2020. Pada awal tahun saat itu, emas dijual dengan harga Rp771.000 per gram. Kemudian melonjak naik signifikan menjadi Rp965.000 per gram di akhir tahun.

Penurunan yang terjadi di tahun setelahnya (2021) tidak begitu jauh, hanya berselisih Rp27.000. Dan kini harga emas stabil dalam kisaran harga Rp 933.000 per gram.

Dari perbandingan tersebut, kurang efektif memperhitungkan keuntungan investasi emas dalam setahun saja, mengingat instrumen ini termasuk dalam aset jangka panjang. 

Artinya, nilai emas semakin tinggi  ketika disimpan dalam waktu yang lama. Jika pun terjadi penurunan, maka selisihnya tidak begitu besar. Dengan demikian, logam mulia emas tergolong sebagai salah satu aset investasi yang stabil dan menjanjikan.

Baca juga: Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian dan Biaya Transaksinya

Mengetahui Kapan Harga Emas Naik

Karena emas merupakan instrumen fluktuatif, penting bagi kamu untuk mengetahui kapan harga emas naik. Tidak cukup dengan memantau harga emas saja, kamu pun perlu mengenali kondisi global yang tidak menentu.

Kondisi yang dimaksud, yaitu seperti krisi, perang, hingga pandemi menyebabkan harga emas cenderung naik. 

Hal tersebut dikarenakan kekhawatiran masyarakat dalam hal apapun, mulai dari ekonomi hingga kesehatan, sehingga banyak orang berbondong-bondong memesan barang kebutuhan dalam jumlah besar. 

Selain itu, orang juga akan cenderung membeli investasi untuk pegangan dibandingkan menyimpannya di bank. Pilihan investasi yang banyak dipilih antara properti dan emas, sebab keduanya mudah didapat dan dicairkan sewaktu-waktu.

Sayangnya, tidak semua orang bisa membeli properti yang mahal. Akhirnya, banyak orang membeli emas karena harganya lebih terjangkau. Apalagi sekarang memesan emas semudah membeli barang secara online. Tinggal transfer maka saldo emas di rekening tabungan emas kamu  akan bertambah.

Sesuai dengan hukum penawaran dan permintaan, harga emas akan naik karena banyaknya permintaan. Jadi, kemungkinan inflasi mendorong harga emas lebih tinggi.

Nah, kondisi tersebut mirip dengan yang terjadi saat 2020 lalu, di mana sedang terjadi pandemi. Itulah kenapa harga emas pada awal Januari sampai Desember yang tadi sudah disebutkan cenderung naik secara signifikan.

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa emas akan naik dalam kondisi global yang tidak stabil. Keuntungan investasi emas dalam setahun kebelakang memang tidak terlihat. Walaupun cenderung mengalami penurunan, nilainya tetap terjaga.

Perlu diingat bahwa kondisi sekarang ini menandakan dunia sedang mengalami ketidakstabilan dari banyak hal sehingga kemungkinan besar harga emas akan mengalami kenaikan.

Jangan tunggu nanti jika ingin mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi emas. Tidak ada yang tepat selain melakukan investasi ini sekarang!

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.