Usaha Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

5 Usaha Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Posted on

Keuntungan.net – Ingin membangun usaha ternak paling cepat panen dan menguntungkan? Ide bisnis peternakan memang tak kalah menjanjikan daripada ide-ide bisnis lain.

Pasalnya, usaha ternak merupakan salah satu jenis usaha yang dapat menuai hasil dengan cepat. Prospeknya pun begitu menjanjikan.

Namun, sebagus apapun prospek suatu usaha, usaha tersebut baru akan menghasilkan jika benar-benar Anda jalankan.

Usaha Ternak Paling Cepat Panen

Jika niat Anda sudah bulat dan tekad Anda sudah kuat, berikut beberapa rekomendasi usaha ternak paling cepat panen dan menguntungkan yang dapat kamu coba.

1. Ternak Ikan Lele

Munculnya berbagai tempat makan dengan menu lele tentu membuat usaha ternak lele semakin memiliki prospek tinggi. Saat Anda memutuskan untuk beternak ikan lele, Anda tidak perlu membutuhkan lahan yang luas dan biaya banyak.

Baca juga: Perhitungan Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor Kolam Terpal

Anda hanya perlu menyiapkan kolam terpal dan membeli bibit lele yang dapat Anda temukan dengan mudah di mana saja. Kemudian, rawat lele-lele tersebut selama 2-3 bulan dan panen hasilnya.

Dalam perawatannya, lele tidak selalu membutuhkan pakan pelet karena mereka memiliki pakan khusus dari limbah kolam. Seperti misalnya, lumpur, batang pisang busuk. dan juga apu-apu.

2. Ternak Jangkrik

Pada umumnya, jangkrik dapat dijadikan sebagai pakan burung dan umpan ikan. Jika biasanya jangkrik hidup bebas di sawah, kini Anda dapat melakukan budidaya jangkrik untuk memenuhi permintaan konsumen.

Budidaya jangkrik ini sangat menguntungkan karena pertumbuhan jangkrik sangat cepat. Sehingga, untuk panen ternak paling cepat untung ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Ternak Bebek Petelur

Bisa dibilang, bisnis bebek petelur seolah tak ada matinya. Pasalnya, kebutuhan telur, tak terkecuali telur bebek selalu banyak. Dengan telur bebek, kamu dapat membuat telur asin yang memiliki harga jual di atas telur ayam. Selain itu, kandungan gizi yang dimiliki  telur bebek juga lebih baik dibanding telur ayam.

Ternak bebek petelur juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk panen. Jika jumlah bebek petelur Anda banyak, bahkan setiap hari Anda dapat memanen telur-telurnya.

4. Ternak Belut

Budidaya belut di area perkotaan masih terbilang cukup jarang. Padahal, permintaan belut di pasar cukup tinggi, terutama untuk restoran dan warung makan. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik untuk memulai budidaya belut, salah satu ternak menguntungkan di lahan sempit.

Untuk budidaya belut, Anda memerlukan kolam yang tidak terlalu lebar. Bahkan, Anda dapat menggunakan drum sebagai tempat tinggal belut-belut tersebut. Jika sudah berhasil panen, nantinya belut-belut ini akan terjual dengan harga tinggi, mengingat permintaan di pasar yang tinggi dengan ketersediaan yang terbatas.

5. Ternak Ayam Broiler

Kebutuhan daging ayam setiap waktu memang tak ada habisnya. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai ternak ayam broiler. Mengapa memilih ayam broiler? Karena ayam jenis ini memiliki harga yang lebih murah. Namun, produktivitas dagingnya lebih banyak dibanding ayam biasanya.

Jika Anda tertarik beternak ayam broiler, Anda dapat membeli bibit anakan ayam. Kemudian, rawat anakan ayam tersebut dan jual kembali saat sudah besar. Jangan khawatir, waktu untuk memanennya juga tidak terlalu lama. Sebab, dalam waktu 4-5 minggu berat ayam broiler sudah mencapai 2 kg dan siap untuk dipanen.

Nah, dari beberapa pilihan ternak paling cepat panen dan menguntungkan di atas, kira-kira Anda tertarik untuk membuka usaha ternak apa? Apapun usaha yang akan Anda pilih, lakukan dengan sungguh-sungguh agar hasil yang Anda peroleh juga akan maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *