Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor

Perhitungan Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor Kolam Terpal

Posted on

Keuntungan.net – Banyak orang memilih budidaya lele karena bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Untuk Anda yang ingin membuka usaha ternak lele, sebaiknya tahu berapa keuntungan ternak lele 1000 ekor yang akan Anda dapat.

Budidaya lele juga relatif mudah, termasuk tidak memerlukan lahan yang luas. Berikut ini kisaran keuntungan yang di dapat jika membudidaya lele 1000 ekor:

Perhitungan Biaya dan Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor

Untuk Anda yang berminat membudidayakan jenis ikan yang sangat populer di warung kaki lima ini. Anda perlu menghitung berapa keuntungan ternak ikan lele per 1000 ekor?

Perkiraan Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor

Perkiraan Rincian Biaya 
Biaya pembuatan kolam terpalRp 850.000
Bibit lele (Rp 150 x 1000 ekor)Rp 150.000
Pakan IkanRp 500.000
Vitamin IkanRp 100.000
Total BiayaRp 1.600.000
Perkiraan Keuntungan 
Hasil panen (1000 ekor x 80%)800 ekor
Hasil panen (200 g x 800 ekor)160 kg
Harga jual per kgRp 15.000
Pendapatan kotor (160 kg x Rp 15.000)Rp 2.400.000
Pendapatan bersih (Rp 2.400.000 – Rp 1.600.000)Rp 800.000

Catatan:

  •  80% :  perkiraan jumlah bibit lele yang hidup
  • 200 g : perkiraan berat lele per 1 ekor

Berapa keuntungan yang diperoleh dari beternak lele 100 ekor? Dari perhitungan tersebut, Anda bisa meraih profit 50%.

Tips Ternak Lele 1000 Ekor Supaya Untung Banyak

Untuk mendapatkan keuntungan dari ternak lele diatas, tentu haru memperhatikan baik-baik perawatannya. Berikut perawatan dalam ternak lele 1000 ekor agar bisa untung banyak:

1. Persiapan Kolam

Kolam adalah persiapan pertama yang harus Anda lakukan dengan perhitungan yang matang.

Sementara untuk budidaya ternak lele dengan jumlah 1000 ekor, pilihan kolamnya sebaiknya menggunakan kolam terpal.

Menggunakan kolam terpal memiliki banyak keuntungan, antara lain lebih hemat, ikan lebih bersih, volume air mudah diatur, serta bebas dari bahaya kontaminasi tanah.

2. Memilih Bibit Lele

Agar keuntungan budidaya ternak lele 1000 ekor bisa Anda raih, memilih bibit lele dengan kualitas unggul juga harus Anda lakukan.

Bahkan, boleh dibilang, pada tahap ini cukup penting, karena bisa mempengaruhi keberhasilan usaha Anda. Jadi Anda harus melakukannya dengan hati-hati.

Untuk ciri-ciri bibit lele unggul, coba perhatikan gerakannya yang gesit dan agresif, serta warnanya pun lebih terang.

Untuk hasil maksimal, Anda juga harus memilih bibit yang memiliki ukuran sama. Tujuannya, agar saat panen nanti bobot dan ukurannya juga sama.

3. Pemberian Pakan

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan pakan yang tepat.  Pemilihan pakan yang tepat akan membuat ternak lele tumbuh normal dan cepat besar.

Namun, mengingat harga pakan yang cukup mahal, Anda harus mempersiapkan anggaran untuk pengadaan pakan sejak dini. Jangan sampai lele Anda kekurangan pakan, yang pada akhirnya tidak bisa tumbuh normal, bahkan banyak lele yang mati.

Pemberian pakan yang tepat berarti memilih makanan yang sesuai dengan usia bibit. Demikian pula waktu pemberian pakan tidak bisa dilakukan sembarang waktu.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menggunakan pakan alternatif, selain pelet sebagai pakan utamanya. Pakan seperti cacing atau daging ayam patut Anda coba.

Dengan pemberian pakan yang tepat tentu target keuntungan budidaya ternak lele 1000 ekor akan mudah tercapai.

4. Perhatikan Kondisi Air

Selain memilih bibit lele yang unggul dan memberikan pakan yang tepat. Tidak kalah penting adalah kondisi air kolam juga perlu Anda pantau setiap hari.

Dua hal penting terkait kondisi air kolam adalah kualitas dan ketinggian air di kolam terpal.   

Selalu menjaga mutu air kolam menjadi kegiatan rutin yang yang Anda pantau setiap hari. Air berkualitas yang disukai ikan lele adalah air yang tidak terlalu jernih dan tidak terlalu kotor dengan warna khasnya, yakni hijau.

Selain kualitasnya, ketinggian air juga perlu dipantau secara berkala. Karena menggunakan kolam terpal dimana airnya mudah menguap oleh sinar matahari.

Memeriksa debit air secara berkala perlu Anda lakukan. Sebab, Anda perlu menyesuaikan debit air dengan usia ikan lele. Makin besar ikan lele tentu semakin tinggi kebutuhan debit airnya.

Baca juga: 8 Jenis Usaha Yang Langka Tapi Menguntungkan

Itu baru 1000 ekor, bagaimana jika 5000 ekor? Tentu keuntungan yang Anda dapat semakin tinggi. Jadi tunggu apa lagi? Anda tahu berapa keuntungan ternak lele 1000 ekor. Kini saatnya Anda mempraktekkan di pekarangan rumah Anda. Semoga berhasil.

Gravatar Image
Seorang pemuda biasa dari kampung yang kebetulan suka berselancar di dunia maya, khususnya blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.